Kamis, 17 Juni 2010

Tips Pernikahan Outdoor

Calon mempelai terkadang bingung untuk memilih lokasi resepsi pernikahan. Apakah di luar ruang atau di dalam ruangan? Sebenarnya hal itu mudah saja, penentuan lokasi tergantung dari tema pesta pernikahan anda. Jika anda memilih tema tradisional atau formal sebaiknya resepsi dilakukan di dalam gedung (indoor). Tapi jika tema resepsi pernikahan adalah pesta kebun atau non formal, pemilihan lokasi luar gedung (out door) akan sangat sesuai. Hanya saja bagi outdoor ada beberapa pertimbangan seperti : 

  1. Pemilihan Hari
    Sebaiknya anda memilih hari yang ada dibulan-bulan kemarau. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko turunya hujan
  2. Hujan
    Mengingat Anda tinggal di daerah beriklim tropis dengan 2 musim yaitu hujan dan kemarau yang kadang tidak terprediksi, maka tidak ada salahnya Anda juga menyiapkan acara cadangan ketika tiba-tiba hujan turun di lokasi pernikahan outdoor Anda. Anda bisa menyewa tempat cadangan, tenda sederhana sebagai tempat tamu undangan duduk dan menikmati hidangan, menyiapkan sejumlah payung untuk tamu undangan atau menyewa jasa pawang hujan.
  3. Jumlah Tamu Undangan
    Sesuaikan jumlah tamu undangan dengan luasan taman/ kebun yang akan Anda gunakan untuk pernikahan outdoor. 
  4. Undangan
    Pastikan bahwa tamu-tamu Anda telah mengetahui agenda acara pernikahan yang akan dilaksanakan di luar ruang (outdoor) lengkap dengan dresscode-nya dengan mencantumkannya pada undangan.
  5. Tema Pakaian
    Tentukan tema pernikahan Anda lengkap dengan dress-code-nya, baik mengenai warna pakaian, jenis pakaian era-tahun tertentu (60-an, 80-an), maupun pakaian tradisionan. 
  6. Tata Acara
    Rencanakan acara informal setelah acara inti usai dilaksanakan. Karena pernikahan outdoor identik dengan suasana informal dan akrab, maka lupakan aturan dan protokoler pernikahan resmi yang ada. Anda bisa mengatur acara-acara informal agar tamu undangan lebih santai menikmati acara pernikahannya seperti membiarkan mereka duduk santai sambil menikmati berbekyu dan live music berirama sedang tidak terlalu kerasa atau sedang.
  7. Tema Makanan
    Sesuaikan menu hidangan untuk tamu dengan tema pernikahan Anda, sehingga tamu-tamu undangan semakin merasakan nuansa kental tema pernikahan Anda.
  8. Event Organizer
    EO dalam hal ini tidak selalu sebuah biro jasa pengatur acara namun dapat juga saudara/teman dekat Anda yang Anda percayai mengatur jalannya kegiatan sedari awal hingga akhir. Baik urutan acara maupun mengkoordinasi item-item pengisi acaranya.
  9. Perijinan
    Apabila acara Anda diselenggarakan di tempat-tempat umum, pastikan Anda sudah mengajukan perijinan ke pihak-pihak berwenang sehingga ketika acara berlangsung mereka tidak mempertanyakan perihal acara Anda.
  10. Infrastruktur
    Pastikan arena outdoor Anda didukung pula oleh infrasutruktur dasar, seperti km/wc, listrik maupun air bersih, seperti halnya fasilitas di gedung pernikahan. Sehingga memudahkan tamu undangan apabila sewaktu-waktu membutuhkan fasilitas tersebut.




Sumber (BeeWedding)

4 komentar:

Nice tips bro .... :)

@K'joed : Terima Kasih atas sanjungannya sob ...

tukeran link yah, linknya sudah sy pasang di footer blog saya dengan nama A1ul Productions

http://baca-manga-indonesia.blogspot.com/

Siap GAN ...
Link pAsti terpasang ...

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Sesuai Dengan Isi Artikel
Terima Kasih Atas Kunjungannya ...

SHARE ARTIKEL

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More